Kota Sebagai Pemerintahan yang Terorganisir “Kantor Kecamatan Jatisampurna Sebagai Jalur Pemerataan Masyarakat Kota Bekasi”

Posted: 2 April 2012 in Kumpulan Makalah SM 3

Kota Sebagai Pemerintahan yang Terorganisir

“Kantor Kecamatan Jatisampurna Sebagai Jalur

Pemerataan Masyarakat Kota Bekasi”

Oleh;

  1. Ahmad Taufiq Ramadhan               1110054000017
  2. Ujang Kosasih                                  1110054000027
  3. Ahmad Suheri                                  1110054000037
  4. Moch. Irfan Jaya                              1110054000030
  5. A.    Pendahuluan

Pemerintahan adalah sebuah lembaga yang mengatur dan juga memberikan pelayanan bagi setiap warganya yang membutuhkan pelayanan, pelayanan yang diberikan baik dalam bidang tata kelola administrasi, sarana dan prasarana penunjang yang di butuhkan oleh warga yang membutuhkanya.

Kota memang menjadi pusat perhatian bagi seluruh warga, baik dalam hal pendidikan, perekonomian maupun pusat pemerintahan. Banyaknya lembaga pemerintahan yang didirikan dipusat-pusat perkotan, hal ini dikarenakan, karena tempat yang strategis, banyaknya akses dan lain sebagainya.

Namun, lain  halnya pemerintah berencana ingin mendirikan kantor atau instansi atau suatau lembaga pemerintahan lainnya didaerah-daerah pedesaan atau kepulauan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan, serta agar terjadinya suatu pemerataan dalam pembangunan.

 

  1. B.     Metodologi

Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah:

  1. Objek atau subjek study;
    1. Objek (Kantor Kecamatan Jatisampurna sebagai study penelitian), Kantor Kecamatan ini merupakan pusat atau tempat pemerintahan di wilayah kota Bekasi.
    2. Subjek (Masyarakat sebagai study penelitian), disini masyarakat yang kami wawancarai adalah masyarakat yang bekerja dikantor kecamatan Jatisampurna kota Besar.
    3. Waktu dan Tempat Study

Adapun waktu dan tempat study yang saya lakukan adalah hari jum’at tanggal 18 November 2011 yang bertempat di kantor Kecamatan Jatisampurna, kota Bekasi – Jawa Barat.

 

  1. Penggalian Data

Data yang saya dapat ini merupakan hasil dari pengamatan, pengambilan gambar (untuk sampel) dan wawan cara dengan petugas atau pekerja di Kantor Kecamatan Jatisampurna. Adapun wawancara ini dilakukan secara terbuka.

 

 

 

  1. C.    Pembahasan

 

Definisi Pemerintahan;

Secara etimologis, definisi pemerintahan berasal dari perkataan pemerintah, sedangkan pemerintah berasal dari perkataan perintah. Menurut kamus kata-kata tersebut mempunyai arti : perintah adalah perkataan yang bermaksud menyuruh melakukan sesuatu; pemerintah adalah kekuasaan memerintah sesuatu negara (daerah-negara) atau badan yang tertinggi yang memerintah sesuatu negara (seperti kabinet merupakan suatu pemerintah); pemerintahan adalah perbuatan (cara, hal urusan dan sebagainya) memerintah. (Pamudji, 1983 : 3)

Dari pengertian diatas dapat kita tarik suatu kesimpulan, bahwasanya pemerintahan adalah suatu lembaga yang mempunyai kekuasaan penuh atas apa yang akan mereka perintahkan, atas dasar norma-norma yang sudah ada.

Saat kami melakukan observasi, kami mengajukan beberapa pertanyaan kepada petugas pemerintahan kecamatan Jatisampurna tepatnya di wilayah kota bekasi. Hal yang pertama kami pertanyakan adalah, “mengapa Kantor Pemerintahan atau lembaga pemerintahan banyak di dirikan dikota atau dipusat-pusat keramaian…? Menurutnya, kota adalah tempat yang paling strategis, karena pusat pendidikan, perekonomian, perindustrian dan pemerintahan banyak sekali yang berpusat dititik kota atau daerah perkotaan, namun ketika kota itu sendiri sudah lebih maju, kemungkinan pemerintahan pun akan merambah atau berpindah tempat ke suatu daerah pedesaan atau kepulauan. Perpindahan ini merupakan sebuah tujuan untuk terciptanya suatu pemerataan dalam pembangunan.

Setelah itu kami juga menanyakan kegiatan atau aktifitas yang rutin di lakuakan oleh kantor kecamatan Jatisampuna kota bekasi. Menurtunya, setiap hari sabtu, mereka mengadakan acara bakti social seperti pembersihan lingkungan, dengan tujuan menjadikan kota bekasi sebagai kota bersih.

KEGIATAN SABTU BERSIH

“ Dalam mengupayakan dan menjaga keindahan, kebersihan Jl. Raya Alternatif Cibubur, yang merupakan Akses jalan yang di lalui Presiden SBY, Staf dan Masyarakat bersama melakukan kegiatan Sabtu Bersih (tusih) di Taman yang berada di sepanjang Jalan tersebut “

Selain itu, masyarakat bekasi juga sangat menjujung tinggi seni dan budaya, olehnya mereka atau warga setempat sangat menjaga seni dan budaya tersebut yaitu dengan cara memperkenalkan budaya tersebut kepada para generasi muda, selain itu, mereka juga mengadakan acara lomba pada acara lomba “Kelurahan tingkat Kota bekasi.

 PELESTARIAN SENI DAN BUDAYA 

 

 

 

 

 

 

 

 

Upaya Pelestarian Seni dan Budaya,  Padepokan Pencak Silat yang ada di Kelurahan Jatiranggon  di tampilkan pada acara Lomba Kelurahan Tingkat Kota Bekasi.

  1. D.    Pentup

Indonesia adalah sebuah negara yang wilayahnya terbagi atas daerah-daerah Provinsi. Daerah provinsi itu dibagi lagi atas daerah Kabupaten dan daerah Kota. Setiap daerah provinsi, daerah kabupaten, dan daerah kota mempunyai pemerintahan daerah yang diatur dengan undang-undang. Pemerintahan Daerah adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan oleh Pemerintah Daerah dan DPRD menurut asas otonomi dan tugas pembantuan dengan prinsip otonomi seluas-luasnya dalam sistem dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam UUD 1945.

Pemerintahan daerah provinsi, kabupaten, dan kota memiliki Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yang anggota-anggotanya dipilih melalui pemilihan umum. GubernurBupati, dan Walikota masing-masing sebagai KepalaPemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota dipilih secara demokratis.

Hubungan wewenang antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah provinsi, kabupaten, dan kota atau antara provinsi dan kabupaten dan kota, diatur dengan undang-undang dengan memperhatikan kekhususan dan keragaman daerah. Hubungan keuangan, pelayanan umum, pemanfatan sumber daya alam dan sumber daya lainnya antara pemerintah pusat dan pemerintahan daerah diatur dan dilaksanakan secara adil dan selaras berdasarkan undang-undang.

Negara mengakui dan menghormati satuan-satuan pemerintahan daerah yang bersifat khusus atau bersifatistimewa yang diatur dengan undang-undang. Negara mengakui dan menghormati kesatuan-kesatuan masyarakat hukum adat serta hak-hak tradisonalnya sepanjang masih hidup dan sesuai dengan perkembangan masyarakat dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang diatur dalam undang-undang.

 

Lampiran

Struktur Kepengurusan/Struktur Organisasi di Kecamatan Jatisampurna:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR NAMA DAN JABATAN

CAMAT                                                                  : Drs. DINAR FAIZAL BADAR

SEKRETARIS CAMAT                                          : LUKMANUL HAKIM, S.IP

KASUBAG UMUM DAN KEPEGAWAIAN          : TARWIYAH, S.Sos

KASUBAG KEUANGAN                                       : ROYANI

KEPALA SEKSI PEMERINTAHAN                      : INDRA WATY GITA, S.STP

KEPALA SEKSI KEPENDUDUKAN                    : SITI KOMARIAH, S.Pd

KEPALA SEKSI EKBANG                                    : HARWENGSAH, SE

KEPALA SEK SI KESOS                                       : Drs. MULYADI

KEPALA SEKSI TRANTIB                                    : M. REWARD APRIAL,S.STP, M.Si

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s