Interaksi Sosial

Posted: 2 April 2012 in Kumpulan Makalah SM 4

Interaksi Sosial[i]

Pengertian Interaksi Sosial

Interaksi social merupakan hubungan-hubungan social yang menyangkut hubungan antar individu, individu (seseorang) dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Tanpa adanya interaksi social maka tidak akan mungkin ada kehidupan bersama.

Proses social adalah suatu interaksi atau hubungan timbal balik atau saling mempengaruhi antar manusia yang berlangsung sepanjang hidupnya didalam masyarakat. Menurut Soejono Soekamto, psoses social diartikan sebagai cara-cara berhubungan yang dapat dilihat jika individu dan kelompok-kelompok social saling bertemu serta menetukan system dan bentuk hubungan social.

“Homans, mendefinisikan interaksi social sebagai suatu kejadian ketika suatu aktifitas yang dilakukan oleh seseorang terhadap individu lain yang menjadi pasangannya. Konsep ini mengartikan bahwa interaksi social adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh seseorang dalam interaksi merupakan suatu stimulus bagi tindakan individu lain yang menjadi pasangannya.

Kesimpulan dari definsi diatas yang telah disebutkan, maka interaksi social adalah hubungan timbal balik atara dua orang atau lebih, dan masing-masing orang yang terlibat didalamnya memainkan peran secara aktif. Dalam interaksi social juga lebih dari sekedar terjadi  hubungan antara pihak-piahak yang terlibat melainkan terjadi saling mempengaruhi.

Syarat terjadinya Interaksi Sosial

Adapun syarat terjadinya interaksi social yaitu terdiri atas kontak social dan komunikasi social. Kontak Sosial tidak hanya dengan cara bersentuhan fisik atau tatap muka secara langsung. Dengan perkembangan tekhnologi manusia dapat berhubungan tanpa bersentuhan , mislanya; interaksi melalui Telepon /Handphone, Telegraf, internaet dan lain sebagainya. Komunikasi dapat diartikan jika seseorang dapat memberi arti pada perilaku orang lain atau perasaan-perasaan yang ingin disampaikan oleh orang tersebut.

 

Sumber-sumber Interaksi Sosial

Terdapat beberapa sumber agar proses interaksi berlangsung, dalam proses interaksi social yang terjadi dimasyarakat ialah bersumber dari factor imitasi, sugesti, simpati, identifikasi dan empati.

  1. Imitasi, merupakan suatu tindakan sosial seseorang untuk meniru sikap, tindakan atau tingkah laku dan penampilan fisik seseorang.
  2. Sugesti, merupakan rangsangan atau pengaruh, atau stimulus yang diberikan seseorang kepada orang lain sehingga ia melaksanakan apa yang disugestikan tanpa berfikir rasional.
  3. Simpati, merupakan suatu sikap seseorang yang merasa tertarik kepada orang lain karena penampilan, kebijaksanaan atau pola fikirnya sesuai dengan nilai-nilai yang dianut oleh orang yang menaruh simpati.
  4. Identifikasi, merupakan keinginan sama atau identik bahkan serupa dengan orang lain yang ditiru (Idolaya).
  5. Empati, merupakan proses ikut serta meraskan sesuatu yang dialami oleh orang lain.

 

Studi Kasus

Studi kasus yang saya ambil kali ini adalah interaksi dilingkungan kost-kostan:

Saya tertarik untuk menulis apa yang saya lihat selama ini di lingkungan kost-kostan yang saya tempati. Dikost-an yang saya tempati ini kebanyakan para mahasiswa dari UIN dan UMJ.

Ketika para mahasiswa berkumpul di kost-kostannya setelah aktifitas kuliahnya selesai, aktivitasnya kebanyakan bermain music “main gitar”. Adapula yang setel Music (MP3) dan lain sebagainya.

Ketika saya bertanya kepada teman yang satu kost-an dengan saya, kenapa hal seperti ini atau aktivitas seperti ini terus berlangsung ketika para mahasiswa itu berkumpul…?[ii]

Awalnya, mereka melakukan hal seperti itu hanya untuk menglihangkan rasa sumpek atau capek setelah melakukan aktivitas kuliah seharian, Setelah keseringan seperti itu, akhirnya menjadi suatu kebiasaan. Dan kebiasaan itu menjadi  banyak orang yang mengikutinya.

Interaksi tersebut merupaka sumber dari interaksi Sugesti, yaitu interaksi yang merupakan rangsangan atau pengaruh, atau stimulus yang diberikan seseorang kepada orang lain sehingga ia melaksanakan apa yang disugestikan tanpa berfikir rasional.

 


[i] Infopsikologi.wordpress.com_Belajar Psikologi Sosial

[ii] Erik Ismawan_mahasiswa UMJ jurusan Tarbiyah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s