Tugas Resume Buku_Kuraih Surga dengan Syahadat Mata Kuliah Ilmu Kalam

Posted: 9 Maret 2012 in Kumpulan Makalah SM I

Kuraih Surga Dengan Syahadat

BAB I

Syahadat

Syahadat adalah rukun islam yang pertamadari rukun islam yang lima, Rasulullah SAW. Bersabda:

“Islam dibangun diatas lima perkara: Syahadat (Persaksian) bahwa tidak ada yang berhak disembah selain Allah, dan Muhammad utusan Allah, mendirikan shalat, membayar zakat, menunaikan ibadah haji, dan puasa pada bulan Ramadhan.”[1]

Makna Syahadat

Syahadat adalah bentuk mashdar dari kata syahada-Yashidu yang secara bahasa mempunyai beberapa arti diataranya:

  1. Al-Bainu, artinya penjeklasan atau keterangan, oleh karena itu orang yang memberi keterangan dipengadilan disebut syahida (pemberi saksi)
  2. Arru’yah, artinya melihat dengan kedua matanya. Contohnya; saya menonton TV.
  3. Al Huduuru ma’al musyahadat, artinya hadir dean ikut melihat dengan kedua matanya.
  4. Al Huduurul mujarod, artinya hadir semata (menyaksikan saja) tanpa ikut terlibat didalamnya.
  5. Qoulun shodirun I’lmin hashola bimusya hadatin Aubashorin, artinya ucapan uyang keluar berdasarkan ilmu sebagai hasil dari pemikiran atau penglihatan.
  6. Jaa Ro Majrool Qosama, artinya diperlakukan sebagai sumpah.

Berkaiatan dengan pembahasan mengenai dua kalimat syahadat, maka arti yang tepat adalah yang kelima, yakni ucapan yang keluar berdasarkan ilmu yang dihasilkan dari pemikiran atau penglihatan. Oleh karena itu, arti yang tepat bagi perkatan

“Asy hadu anlaa ilaaha illallaah wa asy hadu anna Muhammadarasulullah”

Yang artinya: “Saya bersaksi (berdasarkan Ilmu dan keyakinan) bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan saya bersaksi (berdasarkan ilmu dan keyakinan ) bahwa Muhammad adalah utusan Allah.”

Makna Al-Ilah

Al-Ilah dalam bahasa arab berarti segala sesuatu yang disembah atau diibadahi. Jin, setan, ibklis, manusia, gunung, laut, hewan, ponon besar, patung, arca dan lain sebagainya bila disembah, diibadahi, diberikan persembahankepadanya berupa sesajen, minuman dan makanan, maka itu semua termasuk ilah. Tentuunya ilah yang bathil.

Al-Ilah yang disembah dan yang ditaati, dimana hati manusia sangat bergantung kepadanya dalam mahabah (perasaan kasih saying), ta’zim (hal mengagumkan Allah), khudhu’ (ketundukan), khauf (perasaan takut), dan hal-hal yang berkaitan dengannya dari jenis-jenis ibadah lainnya. Al-Ilah berarti yang berhak untk disembah, karena kebesarannya, keagungannya, dan ketinggian derajatnya.

Kata Ilah juga mengandung arti, yang tidak membutuhkan kepada seseorang, sedangkan yang lain membutuhkannya, terpaksa meminta pertolongannya dalam urusan kehidupan mereka. Dalam bahasa Indonesia Ilah diartikan sebagai Tuhan. Maka segala sesuatu yang disembah dan di ibadahi disebut Tuhan. Tuhan-tuhan selain Allah SWT disebut tuhan yang bathil, dan Allah SWT adalah Tuhan yang Haq (benar).

Sedangkan kata Allah adalah identitas bagi Tuhan yang benar. Dia satu-satunya Tuhan yang berhak untuk di sembah. Dialah Yang Maha Esa. Allah tempat meminta segala sesuatu. Allah tidak beranak dan tidak diperanakan. Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan-Nya.

Tafsir Tauhid dan Syahadat “La Ilaha Illallah”

Syekh Muhammad At-Tamimi dalam kitabya Attaubah Alladzi Huwa Huquq ‘alal abid menjelaskan bahwa tafsir tauhid dan syahadat Laa Ilaha Illallah adalah sebagai berikut:

  1. Meninggalkan perbuatan yang biasa dilakukan oleh kaum musyrikin , memohon kepada orang-orang sholeh dan meminta syafa’atnya.
  2. Pemurnian ketaatan kepada Allah SWT, dengan menghalalkan apa tang di halalkan-Nya dan mengharamkan apa yang di haramkan-Nya.
  3. Pembebasan diri dari segala sembahan yang bathil, dan pernyataan setia kepada sembahan yang benar, yaitu Allah.
  4. Pemurnian kecintaan kepada Allah yang diiringi dengan rasa rendah diri dan penghambaan hanya kepada-Nya.
  5. Bahwa seseorang terlindungi darah dan hartanya tidak dikarenakan sekedar ucapan kalimat La Ilaha Illallah saja, bukan hanya mengerti lafadz dan maknanya, bukan pula dengan mengakui kebenaran kalimat tersebut, bahkan bukan pula karena tidak meminta kepada kecuali kepada Allah saja, hingga dia menambahkan kepada kalimat Laa Ilaha Illallah itu pengingkaran kepada segala sesuatu sembahan selain Allah. Jika masih terdapat keraguan atau kebimbangan pada hatinya, maka seseorang belumlah haram dan terlindungi harta dan darahnya.

Rukun La Ilaha Illallah

Syahadat memiliki dua rukun, yaitu:

  1. Menegasikan (nafyu), yang terdapat dalam kalimat ‘La Ilaha Illallah’
  2. Afirmasi (itsbbat/penetapan), hal ini ada dalam kalimat ‘Illallah’.

Maka, La Ilaha menegasikan segala tuhan selain Allah, dan Illallah berarti menetapkan bahwa ketuhanan hanya milik Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya.

Syarat La Ilaha Illallah

Kalimat diatas merupakan pintu masuknya seseorang kedalam agama Islam. Syekh Abdurrahman bin Hasan bin Muhammad bin Abdul Wahab menjelaskan bahwa kalimat La Ilaha Illallah mempunyai tujuh syarat. Bermanfaatnya kalimat tersebut bagi orang yang melafalkannya tergantung kepada syarat-syarat tersebut.

Adapun syarat-syaratnya adalah:

  1. Al-‘Ilmu. Mengetahui maksud dua kalimat syhadat tersebut dalam hal nafyu (penegasian) dan itsbat (penetapan).
  2. Al-Yaqin. Meyakini kandungan La Ilaha Illallah dengan sepenuh hati tanpa ada keraguan sedikitpun.
  3. Al-Qobul (menerima). Menerima tuntutan kalimat ini dengan hati, lidah dan amal perbuatan, serta menolak setiap yang merusak dan melenyapkam kalimat ini.
  4. Al-Inqiyad (ketundukkan). Tunduk dan patuh terhadap apa yang ditunjukan oleh kalimat itu, yaitu ikhlas dalam beribadah (menghambakan diri) kepada Allah saja. Dan meninggalkan penghambaan selain kepada Allah.
  5. Ash-Shidqu (Kejujuran). Maksudnya adalah jujur mengucapkan La Ilaha Illallah dengan hati yang tulus.
  6. Al-Ikhlash (keikhlasan). Memurnikan amal perbuatan dari segala jenis syirik dan mengikhlaskan segala macam ibadah hanya kepada Allah SWT.
  7. Al-Mahabbah (rasa cinta). Maksudnya adalah mencintai kalimat tauhid dan segenap konsekunsinya, serta kandungan-kandungannya. Juga mencintai orang-orang yang mengikutinya dan yang komitmen terhadap berbagai konsekuensinya serta benci terhadap perbuatan syirik dan para pelakunya.

Beberapa Lafadz Syahadat Aliran Sempalan Sesat

  1. Kelompok inkar Sunnah atau kelomp[ok Qur’ani memiliki lafadz syahadat tersendiri, yaitu kalimat; Isyhadu Bianna Muslimun artinya saksikanlah oleh kalian bahwa kami adalah orang-orang Islam. Menurut mereka hanya lafadz syahadat tersebut yang ada didalam Al-Qur’an, yang terdapat dalam surat Ali Imran  ayat 64
  2. Aliran sesat darul Arqam mereka menambah kalimat syahadat dengan tambahan kata-kata “Abu Bakar Ash-Shiddiq, Umar Al-Faruq, Utsman Barrurrahim, Ali Aliddudin, Muhammad Al-Mahdi Khulafaur Rasulillah”.

Jadi syahadat mereka kutang lebih sebagai berikut:

“Asyhadu Anla Ilaha Illallah wa AsyhaduAnna Muhammadar Rasullah, wa Asyhadu Anna Abu Bakrin Ash-Shiddiq wa Umar Al-Faruq wa Utsman Barrurrahim wa Addiduddin wa Muhammad Al-Mahdi Khulafa’u Rasulillah.”

Artinya; saya bersaksi tidak ada Tuhan selain Allah, saya bersaksi Muhammad adalah utusan Allah, dan saya bersaksibahwa Abu Bakar Ash-siddiq , Umar Al-Faruq, utsman Barrurrahi, Ali Adiduddin, Muhammad Al-Mahdi mereka adalah Khalifah Rasulullah.

Fungsi dan Keutamaan Dua kalimat Syahadat

Dua kalimat syahadat memiliki beberapa funsi dan keutamaan yang sangat agung. Berikut beberapa fungsi dan kutamaan dua kalimat syahadat, yaitu;

  1. Orang yang mengucapkan dua kalimat syahadat dijanjikan masuk surga.
  2. Orang yang mengucapkan dua kalimat syahadat diharamkan masuk neraka, Rasulullah bersabda:

Tidaklah seseorang bersaksi bahwa tidak ada ilah (sembahan) selain Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah, dengan jujur dari hatinya melainkan Alllah mengharamkannya masuk neraka”.

  1. Dua kalimat syahadat adalah sebab tercegahnya seseorang kekal dalam api neraka.
  2. Orang yang mengucapkan dua kalimat syahadat di akhir hayatnya, akan masuk surga.
  3. Kalimat Syahadat adalah cabang Iman yang paling tinggi.
  4. Dua kalimatsyahadat merupakan penyebab dibukakannya delapan pintu surga bagi orang yang mengucapkannya.
  5. Kalimat syahadat lebih berat dalam timbangan dari pada tujuh lapis langit dan bumi.
  6. Orrang yang mengucapkan dua kalimat syahadat dengan ikhlas akan dibukakan baginya pintu-pintu langit hingga mencapai ‘Arsy
  7. Kalimat syahadat adlah dzikir yang paling utama
  8. Kalimat syahadat adalah sebaik-baiknya do’a yang di ucapkan oleh para nabi dan rasul

Kriteria seorang Muslim

Seseorang dapat dikatakan sebagai muslim bila ia telah mengucapkan dua kalimat syahadat bagi orang yang sebelumnya menganut agama lain.Namun bagi anak yang dilahirkan dari ibu dan bapaknya yang beragama islam, maka secara otomatis ia muslim sejak kecil, bahkan sejak ia dalam kandungan, orang tuanya selalu mengeluarkan zakat fitrah untuknya, dan bila ia  meninggal sebelum usia baligh ia  dimandikan, dishalatkan, dikuburkan dipemakaman muslim, demikian pula bagi orang tuanya meninggal sedang anaknya masih kecil maka ia mendapatkan warisan.

Rasul bersabda, “Seorang muslim tidak menerima warisan dari orang kafir, demikan pula orang kafir tidak menerima warisan dari orang muslim”.

Dakwah kepada syahadat La Ilaha Illallah

Adalah pandangan hidup bagi orang-orang yang mengikuti Rasulullah SAW. Masalah yang utama dan yang pertama yang harus disampaikan adalah masalah tauhid kemudian diikuti dengan permasalahan lainnya seperti shalat, puasa dan seterusnya. Jadi ada skala prioritas, yang dimulai dari masalah yang  paling penting, diikuti dengan yang penting dan seterusnya.

Dakwah kepada Allah  mestinya dilakukan semata-mata ikhlas karena-Nya. Diantara kita banyak yang mengajak kebenaran dengan lantang dan suara keras tapi justru sebenarnya, ia mengajak kepada kepentingan pribadinya. Demi meraih simpati dan popularitas, demi meraih harta yang banyak.

Pembatal Syahadat

Berikut beberapa perkara pembatal syahadat :

  1. Bertakwa kepada selain Allah
  2. Tidak mengakui bahwa segala nikmat itu berasal dari Allah
  3. Beramal dan Beribadah bukan karena Allah
  4. Memberikan hak memerintah dan melarang kepada selain Allah
  5. Memberi ketaatan kepada selain Allah
  6. Membenci Islam, sebagian dan keseluruhannya,
  7. Lebih Mencintai kehidupan dunia ketimbang kehidupan akhirat.
  8. Mencemooh dan mengolok-olok ayat Al-Qur’an dan Sunnah Rosulullah
  9. Tidak menyakini kebenaran nash-nash  Al-Qur’an dan hadits Nabi yang shahih
  10. Menjadikan orang yang kafir dan munafik sebagai pemimpin
  11. Berprilaku buruk kepada Rasulullah.
  12. Membenci Tauhid
  13. Mengaggap bahwa dalam Al-Qur’an terdapat kontradiksi antara yang tersurat dan yang tersirat.
  14. Tidak mengenal Allah dengan benar
  15. Tidak mengenal Rosulallah dengan benar
  16. Mengkafirkan orang yang berpegang teguh kepada syahadat dan tidak mengkafirkan orang yang jelas-jelas mengkafirkannya
  17. Bersumpah kepada selain Allah.

Agama yang diterima Allah hanyalah Islam

Dari sekian agama dan keyakinan yang ada dikolong langit, hanya Islam lah yang diterima Allah SWT. Yang lainnya masuk kedalam agama bathil, Allah berfirman:

Yang artinya; “Sesungguhnya agama yang diridhoi Allah hanyalah agama Islam”(QS. Ali-Imran:19)

Firman Allah yang lainnya yaitu:

Yang artinya; “Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu  untukmu,

Dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku ridhai Islam sebagai agamamu” (QS. Al-Maidah:3)

Sesatnya Pernyataan “Semua Agama Sama”

Sebenarnya perkataan tersebut adalah merupakan paham ‘Pluralisme agama’ yang menyamakan semua agama,  semua menuju keselamatan, dan tidak boleh memandang agama orang lain dengan agama yang kita peluk, paham dan Jaringa Islam Liberal (JIL). Disamping menyebarkan oaham Pluralisme agama, JIL juga menyebarkan paham inklisivisme. Penyebaran paham tersebut dilakukan sangat gencar-diantarany-melalui radio 68 H yang diikuti 10 Radio; 4 di Jabotabek dan 6 di daerah.

Kesesatan paham Pluralisme Islam Liberal,  diantaranya:

  1. Paham pluralisme agama yang digembar-gemborkan JIL jelas-jelas brtentangan dengan Al-Qur’an dan hadits Nabi,
  2. Bahwa Nabi Muhammad adalah Nabi dan Rosul terakhir yang diutus ke seluruh Alam. Maka orang yang tidak beriman kepada Nabi Muhammad SAW, tergolong kafir.
  3. Sumber hukum agama Islam adalah Al-qur’an dan hadits shahih. Al-Qur’an adalah kalamAllah yang sempurna seluruhnya, tidak cacat, cela atau kurang sedikit pun. Otentisitas Al-Qur’an dijamin langsung oleh Allah SWT. Kalam Allah adalah sifat Allah. Bila Allah yang pemilik sifat adalah maha sempurna, maka sifatnya pun demikian, tidak ada kekurangan sedikitpun didalam-Nya.
  4. Allah SWT dibeberapa tempat didalam Al-Qur’an, menjelaskan bahwa hanya islam yang akan diterima Allah SWT, dan menolak agama selainnya,
  5. Di dalam Al-Qur’an, Allah menjelaskan bahwa manusia terbagi kepada 2 golongan. Pertama golongan manusia yang mendapatkan petunjuk, kedua, golonganyang sesat, karena mereka menjadikan setan sebagai walinya

Surga

Surga adalah tempat kedamaian, tempat segala kenikmata, ketenangan, kesenangan, kegembiraan, dan kebahagiaan diakhirat yang dipersiapkan Allah SWT bagi orang-orang yang bertaqwa (laki-laki, mauou perempuan). Adapaun nama-nama surga itu adalah:

  1. Al-Jannah
  2. Al-Firdaus
  3. A’dn
  4. Al-Khuld
  5. An-Na’im
  6. Al-Ma’wa
  7. Darissalam

Kenikmatan Surga

Semoga Allah menjadikan kita dan seluruh umat islam sebagai penghuniya. Sesungguhnya dia maha Dermawan Lagi maha mulia.

Allah SWT berfirman;

“(Yaitu) orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami dan mereka berserah diri. Masuklah kamu kedalam surga, kamu dan pasanganmu akan digembirakan, kepada mereka di edarkan piring-piring dan gelas-gelas dari emas, dan di dalam surga itu terdapat apa yang diingini oleh hati dan segala yang sedap (dipandang) mata. Dan kamu kekal di dalamnya. Dan itulah surga yang diwariskan ke[pada kamu karena perbuatan yang telah kamu kerjakan. Didalam surga itu terdapat banyak buah-buahan untukmu yang sebagiannya kamu makan”. (QS. Al-Zukhruf: 69-73).

Makanan dan Minuman Penghuni Surga

Para penghuni surga, nanti mereka akan mendapatkan jamuan berupa makanan dan minuman yang enak serta lezat. Terdapat banyak sekali dalam Al-Qur’an dan Hadits Nabi yang menjelaskan tentang hal itu, diantaranya:

Allah berfirman dalam surat Al-Thur ayat 22, Muhammad ayat 15, Al-Insan ayat 17-18 yang artinya:

“Dan Kami berikan kepada mereka tambahan berupa buah-buahan dan daaging daari segala jenis yang mereka ingini.”

“Didalamnya mereka memperoleh segala macam buah-buahan, dan ampunan daari Tuhan mereka”

“Dan disana mereka diberi segelas minuman bercampur jahe. Yang dudarangkan dari mata air  dari surga yang dinamakan salsabil”.

Pakaian, perhiasan dan tempat tidur Penghuni surga

Dalam Al-Qur’an dijelaskan tentang pakaian penghuni surga yang terbuat dari sutra tipis yang berwarna hijaudan sutera tebal, peerhiasan mereka gelang-gelang perak , emas dan mitiara. Tempat tidur mereka permadani yang terbuat daru sutera tebal, dan kasur-kasur yang tebal lagi empuk.

Firman Allah yang men jelaskan tentang hal ini ialah:

“Dan pakaian mereka dari sutera.”(QS. Al-Hajj:23)

“Mereka diberi hiasan gelang emas, dan mereka memakai pakaian hijau daari sutera hallus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar diatas dipan-dipan yang indah.” (QS. Al-Kahfi:31)

Orang-orang yang pertama kali diberi pakaian Surga

Nabi SAW. Bersabda ;

“Sesungguhnya kalian akan dikumpulkan pada hari kiamat dalam keadaan tidak beralas kaki, telanjang dan tidak di khitan, kemuadian beliau membaca ayat: “Sebagaiman kami telah memualai penciptaan pertama, begitulah kami akan mengulannginya lagi. (suatu) janji yang pasti akan kami tepati; sungguh, Kami akan melaksanakannya. Dan orang petama yang diberi pakaian pada hari kiamat adalah ibrohim.”

Kenikatan  Penghuni Surga

Allah SWT. Berfirman:

“Dan apabila engkau melihat keadaan dainana (surga) niscatya engkau akan melihat berbagai macam kenikmatan dan kerajaan yang besar.” (QS, Al-Insan;:29)

Bentuk kerajaan dan kenikmatan disurga itu bermacam-macam. Diantanya Allah SWT menjadikan kuda-kida khusus bagi mereka uyang dikendarai dalam rombongan-rombongan yang besar dan megah.

Penghuni Surga

Dalam hadist yang diriwayatkan Imam Muslim dari Abu Hurairoh , Nabi SAW. Menjelaskan tentang calon penghuni surga, yang artinya;

“Yang akan masuk surga adalah orang-orang yang hati mereka seperti hati burung”

Al-Qurthubi mengatakan, dalam mengartikan hadist di atas terdapat dua kemungkinan:

  1. Menyerupai hati burung dalam hal rasa takut, karena burung adalah hewan yang paling penakut dan sangat tinggi kewaspadaannya.
  2. Menyerupai hati burung dalam hal kelemahan dan kelembutannya. Sebagaimana dalam hadist lain Nabi menggambarkan penghuni surge sebagai “orang yang paling lemah lembut hatinya”.

Ada yang menambahkan, bahwa ia menyerupai hati burung  dalam hal suci dari dosa, bersih dari cela dan tidak begitu mengindahkan urusan keduniaan.

Orang pertama dan terakhir masuk surga

Orang pertama masuk surga adalah Nabi Muhammad SAW, beliau menjelaskan dalam sabdanya;

”Aku mendatangi pintu surge pada Hari Kiamat dan aku minta dibukakan pintunya, kemudian penjaganya berkata ‘Siapa kamu?’ Lalu saya menjawab, ‘Muhammad.’Penjaga itu berkata, ‘Untuk engkaulah aku diperintahkan agar tidak membukanya untuk siapapun sebelum engkau”

Didalam hadist lainpun Nabi bersabda,

“Saya adalah Nabi yang paling banyak pengikutnya pada Hari Kiamat, an saya adalah orang yang pertama mengetuk pintu surga”.

Umat Pertama yang Masuk Surga

Dari sekian banyak umat para nabi dan rasul, umat Nabi Muhammad SAW. Adalah umat pertama masuk surga, beliau bersabda:

“Kami adalah umat yang terakhir (lahir kebumi) tapiyang pertama (dihisab) pada hari kiamat dan yang pertama masuk surga”

Golongan Pertama yang Masuk Surga

Nabi SAW. Bersabda, “Golongan pertama masuk surge dalam bentuk bulan dibulan purnama, kemudian setelah mereka golongan yang tampak seperti bintang yang paling kuat sinarnya. Mereka tidak buang air kecil dan tidak buang air besar, juga tidak meludah dan tidak mengeluarkan ingus, sisir mereka terbuat dari emas dan peluh keringat mereka berupa minyak misk (kasturi), tempat pembakaran (dupa) mereka berupa mutiara, istri-istri mereka berupa bidadari,mereka mempunyai bentuk yang sama, yaitu seperti bapak mereka, Nabi Adam As., yaitu 60 hasta kelangit.

Orang yang Masuk surga tanpa Hisab

Nabi Muhammad SAW. Bersabda;

“Diperlihatkan kepadaku beberapa umat, aku dapati Nabi bersamanya satu umat, Nabi bersamanya 1 orang, Nabi bersamanya 10 orang, Nabi bersamanya 5 orang, dan Nabi sendirian. Kemudian kulihat wara hitam yang sangat banyak, aku bertanya kepada Jibril, “Apakah mereka umatku? Jibril menjawab, “Bukan, tapi lihatlah diatas !” maka aku melihat keatas ternyata hitam yang banyak pula. Jibril berkata, “Mereka umatmu, 70.000 penghulu mereka tanpa ada hisab dan adzab”. Aku berkata, “Kenapa?” Jibril menjawab, “Mereka tidak pernah berobat dengan Kay (besi panas), tidak pernah minta dijampi-jampi, tidak pesimis dan kepada Tuhan mereka bertawakal.

Kekekalan Penghuni Surga

Allah SWT. berfirman,

“Dan adapun orang-orang yang berbahagia, maka (tempatnya) didalam surge, mereka kekal didalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali Jika Tuhanmu menghendaki (yang lain); sebagai karunia yang tidak ada putus-putusnya.” (QS. Al-Hud:108)

 

 

Hidayah

Makna Hidayah

Hidayah adalah cahaya yang akan menerangi perjalanan hidup seorang hamba hingga mencapai derajat tertinggi dihadapan Allah SWT, ykni takwa. Hidayah merupakan karunia Allah yang paling besar bagi manusia. Dengan hidayah, perjalanan seorang hamba diterangi cahaya iman, yang membawa manusia kepada kebahagiaan dunia dan akhirat. Allah SWT berfirman;

“Barang siapa tidak diberi cahaya (petunjuk) oleh Allah, maka dia tidak mempunyai cahaya sedikitpun. (QS. Al-Nur:40)

Hidayah adalah terbukanya hati untuk menerima  Allah dan lapangnya dada untuk meyakini kebenaran agama (Islam). Dengan kata lain, hidayah adalah petunjuk Allah yang diberikan kepada hamba-Nya sehingga dadanya terbuka untuk menerima Islam. Dada yang ‘terbuka’ akan mendorong seseorang untuk taat kepada Allah dan Rasul-Nya serta membenci apa-apa yang membuat Allah murka. Bila seseorang  merasakan hal itu, berarti dia telah mendapatkan hidayah Allah. Akan tetapi, dimanakah kita dapat menemukan hidayah, padahal hidayah itu bukanlah barang yang dapat dibeli, juga bukan kebutuhan yang dapat dipenuhi, melainkan nikmat yang diberikan Allah yang hanya dianugerahkan kepada hamba yang dikehenaki-Nya.

Klasifikasi Hidayah

Hidayah didalam Al-Qur’an mengandung beberapa makna:

  1. Hidayah Umum bagi semua Makhluk

Allah berfirman; “Dia (Musa) menjawab, “Tuhan Kami ialah (Tuhan) yang telah memberikan bentuk kejadian kepada segaa sesuatu, kemudian mereka memberinya petunjuk.”(QS. Thaha: 50)

Hidayah pada ayat diatas dinamai festasikan dengan memberinya akal, insting (naluri), dan kodrat alamiah untuk kelanjutan hidupnya masing-masing.

  1. Hidayah Mujmal (Global)

Hidayah ini bersifat petunjuk dan mengetahui kebaikan yang bersifat global (secara garis besarnya).

  1. Hidayah Mufashol (detil) atau taufiq dan ilham.

Ialah petunjuk yang bersifat terperinci yakni kemampuan untuk mengikuti jalan dan manhajnyaorang-orang yang telah di berikan nikmat kepaa mereka dari para nabi, para sahabat dan seterusnya.

Sebab-sebab datangnya Hidayah

Hidayah dapat diraih  melalui cara dan sebab yang bermacam-macam. Sa’id Musfar Al-Qahthani, dalami kitabnya, Jalan Mendapat Hidayah, menyebutkan sepuluh jalan untuk mendapatkannya, yaitu:

  1. Taubat,
  2. Ilmu,
  3. Iman,
  4. Berpegang teguh pada Agama Allah,
  5. Do’a,
  6. Mengikuti Al-Qur’an dan Al-Sunnah,
  7. Mujahadah,
  8. Mendirikan Shalat,
  9. Menjalin persahabatan dengan orang-orang baik,
  10. Menjauhi teman-teman yang berperangai buruk.

Pahala Penebar Hidayah

Bagi seseorang yang mampu mengajak orang lain kepada hidayah (termasuk untuk melakukan kataatan, kebaikan apa saja betuknya) maka Allah SWT telah mempersiapkan baginya pahala yang sangat besar. Nabi SAW. Bersabda;

“Barang siapa mengajak kepada hidayah maka baginya pahala seperti pahala orang yang mengikutinya, tidak mengurangi sedikitpun dari pahalanya. Dan barang siapa mengajak kepada kesesatan maka baginya dosa seperti dosa orang yang mengikutinya, tidak mengurangi sedikitpun dari dosa-dosanya. (HR. Muslim dari Abu Hurairah ra).

Mereka mengucapkan Dua kalimat Syahadat

  1. A.    Nama Para Sahabat Nabi;
  2. 1.      Mush’ab bin Umair

Data Pribadi

Nama                                       : Mush’ab

Nama Bapaknya                      : Umair

Nama Ibunya                          : Khunas

Nama Kakek dari bapak         : Hasyim

Nama Nenek dari Ibu                         : Malik

Kabilah                                    : Quraisy, Makkah

Kunyahnya                              : Abu Abdillah

Wafatnya                                : Syahid pada Perang Uhud

  1. 2.       Abu Dzarr Al-Ghifari

Data Pribadi

Nama                                       : Jundub

Nama Bapaknya                      : Junadah

Nama Kakeknya                     : Sufyan

Sifat dan Karakternya             : Keras, tegas, radikal dan revolusioner

Kabilah                                    : Bani Ghifar

Kunyah                                   : Abu Dzarr Al-Ghifari

Pujian Rasulullah                    : Tak pernah lagi dijumpai dibawah langit ini , orang yang lebih benar ucapannya dari Abu Dzarr.

Wafat                                      : di Rabadzan tahun ke-32 H.

  1. 3.      Hamzah bin Abdul Muthalib

Data Pribadi

Nama                                       : Hamzah

Nama Bapaknya                      : Abdul Muthalib

Nama Ibunya                          : Halah

Nama Kakeknya                     : Hasyim

Sifatnya                                   : Berfikir cerdas, berpendirian keras

Hubungannya dengan Nabi    : Paman dan Saudara sesusu

Kabilah                                    : Quraisy, Makkah

Kunyah                                   : Abu Umarah

Loqob/Gelaran                        : Singa Allah da panglima syuhada

Wafatnya                                : Syahid pada Perang Uhud

  1. 4.      Ammar bin Yasir

Data Pribadi

Nama                                       : Ammar

Nama Bapaknya                      : Yasir

Nama Ibunya                          : Sumayyah, dia adala syahidah pertama dalam islam

Nama Kakek dari Bapaknya   : Amir

Nama Kakek dari Ibunya        : Khayyath

Sifat fisiknya                           : Bertubuh tinggi, bahunya bidang, matanya biru, pendiam

Asal Negerinya                       : Yaman

Kunyahnya                              : Abu Al-Yaqdhan

Wafatnya                                : pada Usia 93 tahun, dalam perang shiffin, dibunuh tentara Muawiyah.

  1. 5.      Khabab bin Al-Arat

Data Pribadi

Nama                                       : Khabab

Nama Bapaknya                      : Al-Arat

Nama Kakeknya                     : jundullah

Kunyahnya                              : Abu Abdullah, ada yang mengatakan Abu Muhammad dan Abu Yahya

Pekerjaan                                 : Pandai besi, ahli membuat alat-alat senjata terutama pedang

Wafatnya                                : Di Khufah, pada tahun ke-37 H.

  1. 6.      Amr bin Jamuh

Data Pribadi                         

Nama                                       : Amr

Nama Bapaknya                      : Jamuh

Nama Kakeknya                     : Zaid

Kondisi fisik                           : Kakinya pincang

Kabilahnya                              : Bani Salamah, madinah Al-Munawwarah

Islamnya                                  : Ia adalah Orang Anshor yang terakhir masuk Islam

Wafatnya                                : Syahid ada perang Uhud

  1. 7.      Abu Sufyan bin Al-Harits

Data Pribadi

Nama                                       : Al-Mughirah

Nama Bapaknya                      : Harits

Nama Kakek dari bapaknya    : Abdul Muthalib

Hubungannya dengan Nabi    : Anak paman dan saudara sesusu Nabi

Kabilahnya                              : Quraisy, Makkah Al-Mukarramah

Kunyah                                   : Abu Sufyan

Keistimewaannya                    : Dia orang yang paling menyeruapi Nabi

  1. B.     Nama –nama Islamnya para Tokoh di abad 20
    1. 1.      Cat Stevens (Mantan Penyanyi Inggris)

Data Pribadi

Nama Islam                       : Yusuf Islam

Nama Sebelum Islam        : Cat Stevens

Tempat & tanggal Lahir    : London, 221 Juli 1948

Agama                               : Islam

Agama Sebelumnya          : Katholik

Asal Negerinya                 : Inggris

Pekerjaan Sebelumnya      : Penyanyi

  1. 2.      Prof. Taggart Taggason (Dosen dan Dokter Spesialis Bedah)

Data Pribadi

Nama                                 : Prof. Taggart Taggaon

Agama                               : Islam

Agama Sebelumnya          : Budha

Pekerjaan                           : Dosen dan Dokter Spesialis Bedah

  1. 3.      Jonathan Birt (Putra Mantan Direktur Umum BBC Inggris, John Birt)

Data Pribadi

Nama Islam                       : Yahya

Nama Sebelumnya            : Jonathan Birt

Nama Bapaknya                : John Birt

Nama Ibunya                    : Jane Leak

Tempat Lahir                     : Northberry, sebelah selatan London

Agama                               : Islam

Agama Sebelumnya          : Katholik

Pendidikan Terakhir          : Universitas Manchester, Inggris, jurusan Zejarah Modern dan Ilmu Politik, tidak tamat kemudian pindah ke Universitas London, School Of African and Oriental Studies, Jurusan Perbandingan Agama.

  1. 4.      Mary Sue Watson (Dosen Teologi di Filipina)

Data Pribadi

Nama Islam                       : Khadijah Watson

Nama Sebelumnya            : Mary Watson

Tempat  Lahir                    : Ohio, Amerika Serikat

Agama                               : Islam

Agama Sebelumnya          : Kristen

Negara Asal                      : Amerika Serikat

Pekerjaan Sekarang           : Juru Dakwah Islam

Pekerjaan Sebelumnya      : Dosen Teologi di sebuah Universitas  di Filipina , misionaris dan biarawati.

  1. 5.      Muryandy Savan Ghandi

Data Pribadi

Nama Islam                       : Abdullah Savan Ghandi

Nama Sebelumnya            : Muryandy Savan Ghandi

Agama                               : Islam

Agama Sebelumnya          : Budha

Negara Asal                      : India


[1] HR. Al-Buckhori (no.7) dan muslim (no.21) dari ibnu umar ra.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s